Bikin Kuat Berenergi

Posted by DithaCarolina - -



BIKIN KUAT BERENERGI
Sumbernya Nggak Cuma Nasi


Dari kecil sampe gede lidah udah terlanjur nyaman sama NASI , masalahnya kalo mereka diasup secara berlebihan yag ada badan jadi melar kemana-mana so, perlu makanan alternative yang nggak bikin tubuh ladies melar , tapi tetap bertenaga.
Tapi tenang ladies , kelebihan  berat badan masih lebih baik daripada kekurangan makanan atau menderita gizi buruk .uuuh gak banget -_- . Masih lumayan kegemukan daripada kurang gizi. Kegemukan juga lebih mudah mengatasinya , diet sebentar badan balik jadi ideal lagi. Sementara menderita kekurangan gizi, yang ada kamu harus diberobatin atau mungkin harus dirawat sampe asupan gizinya cukup.
Nah , sebelum kamu diserang salah satu dari mereka atau bahkan kedua-duanya , kegemukan dan kurang gizi coba deh, baca artikel ini :$ , kayaknya kamu perlu tau lebih banyak lagi tentang karbohidrat, fiber, sampe makanan penghasil karbohidrat selain nasi.



Pertama-tama , pembagian secara praktis jenis-jenis karbohidrat.


1.       KARBOHIDRAT SEDERHANA
Rasanya manis di mulut dan gampang diserap tubuh .
Misalnya : gula pasir , tepung roti , mie instan , minuman manis dan nasi putih yang lembut . Secara lebih mudah disimpan menjadi lemak di dalam tubuh, terlalu banyak makan-makanan jenis ini tubuh kita gampang lemas dan perut cepet berasa laparnya.

2.       KARBOHIDRAT KOMPLEKS
Rasanya nggak begitu manis dan lambat diserap oleh tubuh .
Misalnya : beras merah, roti gandum dan pasta . Karbohidrat jenis ini bagus untuk tubuh , karena dicerna secara perlahan ,makanan ini nggak langsung disimpan menjadi lemak. Karbohidrat kompleks juga gak bikin badan cepat lemas. Kemungkinan mereka ditimbun menjadi lemak pun jauh lebih kecil.

Selain karbohidrat, unsur lainnya yang juga mempunyai peranan besar dalam memerangi lemak di dalam tubuh , adalah fiber. Fiber termasuk karbohidrat juga sih, tapi jenisnya yang nggak bisa dicerna oleh manusia.
Secara fungsinya , fiber bisa dikelompokkan menjadi tiga besar. Yuuk simak J .

1.       MENCEGAH PENIMBUNAN LEMAK
Makin banyak fiber yang ada di dalam karbohidrat, makin kompleks juga karbohidratnya . Kalo kita memperlambat pelepasan karbohidrat, maka tubuh akan lebih efisien dalam mengolah energy. Artinya, energinya lebih banyak dipake daripada disimpan.

2.       MENINGKATKAN FUNGSI USUS BESAR
Fiber yang nggak larut, melewati usus tanpa dicerna oleh tubuh atau bakteri yang ada di tubuh kita. Di usus fiber justru berfungsi membersihkan usus dari makanan-makanan yang busuk, khususnya yang berwujud daging merah.

3.       MEMBANTU PROSES PEMBENTUKAN OTOT
Dengan mensuplay fiber buat tubuh, berarti membantu membuang bakteri-bakteri yang nggak diperlukan oleh tubuh , seperti virus, alergen, de el el. Selain itu fiber juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.


Setelah tau tentang karbohidrat dan fiber, sekarang kamu bisa memilih makanan alternative pengganti nasi. Buat kamu yang lagi ngejalanin program diet , kayaknya perlu dan memang harus baca beberapa pilihan makanan di bawah ini.








1.     UBI
Karbohidrat yang berasal dari ubi , jauh lebih baik daripada nasi. Menurut penelitian, ubi kaya akan karotenoid , yang merupakan antioksidan kuat buat tubuh. Ukurannya, sepotong ubi mengandung vitamin C dan beta karoten 5-6 kali lebih banyak dari dosis anjuran. Bahkan , mengandung kalsium nyaris 50mg di dalamnya. Itulah kenapa ubi jadi alternative sumber karbohidrat yang baik, karena kalorinya relative sedikit dan lemaknya minim banget.




2.     JAGUNG
jagung mempunyai berbagai macam kandungan zat makanan yang baik buat tubuh kita, misalnya, antioksidan dan zeaxathin. Zeaxathin adalah zat yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Selain itu, jagung juga kaya akan mineral, kalsium, kalium, fosfor, besi, sulfur, zat protein, lemak, plus vitamin A, B1, B6, C, dan K. So, jangan ragu jadiin jagung sebagai makanan pokok kiya , ya!







      BERAS MERAH 
     Solusi yang pas buat mereka yang nggak bisa hidup tanpa nasi –can’t live without rice. Beras merah bagus buat program pelangsingan tubuh. Cuma harus diingetin nih, pilih beras merah yang banyak mengandung serat. Jangan milih yang warnanya muda dan terasa enak di lidah. Yang bener itu, justru yang rasa beras merahnya nggak enak dan agak kesat di lidah, kalo kita makan. Nah, kalo mau dibikin enaknya, tinggal tambahin air rada banyak plus kasih dedaunan yang harum, kayak pandan dan mint. Gitu ….






4.     OATMEAL
Makanan pengganti nasi yang jadi favorit para penderita diabetes. Tapi oatmeal juga bisa dipake buat temen-temen yang lagi nurunin berat badan. Oatmeal juga bisa dicampur sama berbagai rasa, pokoknya yang bikin enak di lidah deh. Manfaat palingb terkenal dari makanan ini adalah, bisa nurunin lemak darah, kolesterol total daan kolesterol jahat. Menurut penelitian 1,5 mangkuk aoatmeal mengandung sekitar 3gram beta glucan, yaitu materi yang bisa nurunin lemak darah. Sip !






5.     PASTA
Pasta adalah sumber karbohidrat yang baik. Ada berbagai jenis pasta, mulai dari spaghetti, macaroni, atau fusilli, tinggal pilih mana yang kamu suka. Cuma perlu diinget, kalo belinya dirumah-rumah makan komersil pastanya emang sehat, tapi sausnya yamg bikin nggak sehat. Cenderung berlemak dan banyak sekali garamnya. Belum lagi kalo ditambah keju, malah jadi kacau deh,. Pokoknya, kalo pengen masak sendiri, sausnya cari dari bahan yang rendah lemak, deh. Okey …






6.     ROTI GANDUM
Roti gandum juga sama baik dari roti putih. Roti putih itu, malah sama sekali nggak ada seratnya. Btw, roti gandum emang masih jarang dikonsumsi sih, kata orang kurang enak rasanya. Cuma , kalo kita udah terbiasa, bakal jauh lebih bermanfaat, karena punya kandungan biji gandum yang bisa ngebantu system pencernaan sehingga bisa lebih menekan rasa lapar, plus nggak mudah ditimbun jadi lemak.



Leave a Reply